SMPIT Nur Hidayah Surakarta bekerja sama dengan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia mengadakan Try Out Ujian Nasional 2011. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 – 29 Janurari 2011 dan di ikuti oleh semua siswa-siswi kelas IX SMPIT Nur Hidayah yang berjumlah sekitar 118 orang.Setiap hari terdapat satu mata pelajaran yang di ujikan dari jam 08.00 – 10.00 wib. Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) telah memiliki anggota di seluruh Indonesia mulai jenjang TK hingga SMAIT. Jumlah keseluruhan adalah 1149 anggota yang terdiri dari 494 TK, 504 SDIT, 122 SMPIT, 20 SMAIT, 3 MTs, 4 MI, 1 MA, 1 SMK. Dengan jumlah yang besar tersebut, JSIT telah memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan di tanah air.
Siswa-siswa dalam keanggotaan JSIT hingga saat ini prestasi dalam Ujian Akhir Nasional belum terpantau sehingga JSIT mengalami kesulitan untuk mengevaluasi tingkat pencapaian dalam Ujian Akhir Nasional seperti tingkat kelulusan, tingkat ketidaklulusan, posisi dalam kelulusan nasional, nilai rata-rata pencapaian, dan tingkat perbandingan pencapaian sesama anggota JSIT. Hal ini memerlukan perhatian bagi JSIT agar pemetaan kemampuan dalam real UAN dapat diperoleh.
Menurut Ust Anis Tanwir Hadi, S.Ag selaku Kepala Sekolah SMPIT Nur Hidayah Try Out JSIT 2011 ini di adakan dengan tujuan :
- Mewujudkan peningkatan kemampuan akademik para siswa tingkat SD hingga SMA yang tergabung dalam keanggotaan JSIT di seluruh Indonesia dalam menghadapi Ujian Nasional 2011
- Menyiapkan siswa JSIT dalam menghadapi Ujian Nasional dengan tipe dan bahan soal sesuai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) 2011.
- Meningkatkan kepercayaan anggota JSIT terhadap program-program JSIT pusat sehingga tingkat kontribusi sekolah terhadap JSIT dapat lebih ditingkatkan
Jadwal SMPIT
No | Hari/Tanggal | Waktu | Mata Pelajaran |
1 | Senin, 24 Januari 2011 | 08.00 - 10.00 | Bahasa Indonesia |
2 | Selasa, 25 Januari 2011 | 08.00 - 10.00 | Matematika |
3 | Rabu, 26 Januari 2011 | 08.00 - 10.00 | Bahasa Inggris |
4 | Kamis, 27 Januari 2011 | 08.00 - 10.00 | I P A |